Pages

Senin, 28 Mei 2012

Safe Cosmetic

Safe Cosmetic
Gadis Cantik

Saat membeli produk kecantikan ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Selain melihat kandungan dalam produk tersebut (apakah mengandung zat berbahaya), ada beberapa keterangan yang harus kita cek. 

Yuk, cari tahu dulu fungsi dan keterangan apa saja yang harus ada dalam suatu produk kecantikan:

Legal code
Produk kecantikan yang aman tentunya harus punya kode legal dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Depkes RI. Kalau nggak ada kode ini, artinya kosmetik tersebut belum teruji dan tidak terjamin keamanannya. Kode ini merupakan kombinasi huruf dan angka. Misal: CD 0305700113. Dua huruf di depan adalah kode asal kosmetik. Nah, angka-angka di belakangnya adalah keterangan kategori serta tahun pembuatan. Berikut kode harud diketahui:
  • CD = kosmetik lokal
  • CR = kosmetik impor
  • TR = produk jamu tradisional
  • TL = produk jamu impor
  • Angka 1 – 4 = kategori produk
  • Angka 5 - 6 = tahun pembuatan yang dibalik
  • Angka 7 - 10 = nomer urut
Contoh : CD 090370537 (CD berarti kosmetik dalam negeri. 0903 adalah kode untuk kosmetik jenis bedak wajah. 70 merupakan tahun pembuatan yang dibalik, artinya produk tersebut dibuat pada tahun 07 atau 2007. 537 adalah nomor urut.)

Tanggal Kadaluarsa
Nggak mau, kan wajah kita jadi iritasi karena menggunakan produk yang sudah expired? Makanya kita harus cek tanggal kadarluarsa untuk mengetahui batas waktu pemakaian produk tersebut.

Petunjuk Pemakaian
Walaupun simpel, petunjuk pemakaian wajib ada pada setiap produk kecantikan. Fungsinya adalah agar tidak terjadi kesalahan dalam cara pakai, sehingga kita akan mendapat hasil yang diinginkan.

Identitas Produsen
Produsen yang baik tentunya akan mencantumkan nama serta alamat lengkapnya. Jadi jika terjadi masalah, kita dapat langsung menghubungi produsen tersebut. Nabila Delaseptina – Foto: Mondadori


0 komentar:

Posting Komentar