Pages

Sabtu, 18 Februari 2012

FISIKA "Teropong"

Teropong adalah sejenis alat optik yang terbuat dari lensa cembung, berfungsi untuk melihat dan mengamati benda benda yang letaknya sangat jauh.
MACAM – MACAM TEROPONG
1. Teropong Bintang
 ada dua jenis teropong bintang yaitu teropong bias dan teropong pantul. Setiap teropong tersebut memiliki   keistimewaan tersendiri. Berikut jenis-jenis teleskop :
a. Teropong Bias
    Teropong bias menggunakan dua lensa cembung atau lensa positif. Lensa objektifnya memiliki jarak fokus yang lebih pendek dari pada jarak fokus lensa okulernya.teropong ini dapat digunakan oleh mata berakomodasi.
        b. Teropong Pantul
    Teropong Pantul menggunakan lensa okuler dan lensa objektif. Lensa okuler pada teropong panggung menggunakan lensa cembung, sedangkan lensa objektifnya menggunakan cermin cekung. Bayangan akhir yang dibentuk oleh lensa cembung bersifat maya dan tergak terhadap benda semula. Kelebihannya dari pada teropong bias yaitu :
        1. lebih ringan
        2. lebih murah
        3. beyangan yang teramati lebih         jelas
        4. lebih mudah pembuatannya       
2. Teropong Bumi
Teropong ini digunakan untuk mengamati benda-benda yang sangat jauh di permukaan
Bumi. Terdiri dari 3 lensa cembung, yaitu lensa objektif, lensa pembalik, dan lensa okuler. Lensa pembalik berfungsi untuk membalik bayangan dari lensa objektif. Bayangan yang dibentuk oleh lensa okuler adalah maya dan tegak. 

3. Teropong Panggung
Teropong ini menggunakan lensa cembung sebagai objektifnya dan lensa cekung sabagai okulernya.