Pages

Selasa, 21 Februari 2012

Keripik Kentang

Ternyata makanan ringan yang pertama kali ditemukan pada tahun 1853 di Saratoga Springs, New York ini punya banyak fakta menarik, lho. Simak, deh.
  • Proses ditemukannya potato chips ini tidak sengaja, lho. George Crum, seorang koki di Saratoga Spring Resort saat itu diprotes pelanggannya karena menyediakan kentang goreng terlalu tebal. George pun kemudian memperbaiki kentang gorengnya dengan memotong setipis mungkin bagaikan lembaran kertas. Tak disangka, kentang goreng yang renyah ini disukai dan menjadi andalan di resort tersebut.
  • Meskipun ditemukan pada 1853, tapi popularitas keripik kentang baru tersebar pada tahun 1926 saat Mrs. Scudder memproduksi cemilan tersebut dalam kantong-kantong kertas. Nama keripik kentang pun makin melambung setelah Herman Lay mendirikan perusahaan Lay’s yang berskala nasional tahun 1932.
  • Keripik kentang adalah makanan favorit masyarakat di Amerika Serikat. Bayangkan saja, dalam setahun rata-rata mereka menghabiskan 600.000 ton keripik kentang per tahunnya!
  • Saking bekennya keripik kentang ini, sampai ada lho National Potato Chips Day, yang diperingati setiap tanggal 14 Maret. Pada hari ini masyarakat Amerika dianjurkan untuk mengonsumi keripik kentang di setiap waktu makan mereka.
  • Sekarang, keripik kentang adalah cemilan favorit masyarakat hampir di seluruh belahan dunia. Nggak heran kalau ada banyak sekali varian rasa, sesuai dengan kultur negara tertentu. Ini dia beberapa rasa unik yang suatu saat harus dicoba:
              -    Daratan China: Chinese Cuisine, Timun
              -    Colombia: Mayonaise
              -    Mesir: kebab, daun anggur
              -    Yunani; oregano
              -    India: mint, masala, dan bubuk cabai
              -    Jepang: wasabi, nori, takoyaki, yakitori, dll
              -    Rusia: shaslik dan caviar. Dea - Foto: Istimewa

0 komentar:

Posting Komentar