Pages

Selasa, 21 Februari 2012

Rumput Laut yyang Multi Fungsi

  • Obat mujarab. Bangsa yang pertama kali memanfaatkan rumput laut sebagai tanaman obat adalah bangsa Cina. Sejak tahun 2.700 sebelum masehi, bangsa Cina mengetahui kalau rumput laut kaya mineral seperti iodium dan seng. Makanya tanaman ini bisa menjadi anti bakteri, menetralisir tekanan darah dan memperlancar peredaran darah. Pada masa Perang Dunia ke II, banyak dokter tentara yang menggunakan rumput laut sebagai obat untuk menghentikan pendarahan.
  • Makanan nikmat. Well, kita semua tahu kalau rumput laut bisa menjadi agar-agar yang sangat enak. Selain menjadi agar-agar, rumput laut juga bisa dikeringkan dan menjadi snack yang nikmat. Di Eropa, rumpurt kering ini disebut dulse dan dikonsumsi seperti keripik. Sedangkan di Jepang, rumput laut kering lebih dikenal dengan nama nori. Nori ini sering digunakan sebagai penyedap rasa, pembungkus makanan, snack atau hiasan.
  • Membuat cantik. Sekarang ini banyak produk kecantikan yang menggunakan rumput laut sebagai bahan dasarnya. Soalnya tanaman ini terbukti bisa mengurangi jerawat dan flek-flek di wajah. Sekaligus membuat wajah jadi lebih halus dan awet muda.
  • Tanaman cinta bumi. Seperti tanaman hijau lainnya di daratan, ternyata rumput laut mengurangi kadar CO2 di udara selamat proses fotosintesis sehingga  membantu mencegah global warming. Selain itu rumput laut juga sumber makanan bagi hewan laut dan tempat persembunyian mereka dari pemangsa.

0 komentar:

Posting Komentar