Pages

Jumat, 11 Januari 2013

Kegunaan Internet dan Fungsi Utama Internet

Banyak kegunaan yang menguntungkan dari Internet baik dalam bidang akademis, bisnis, komunikasi, organisasi, dll. Sejarah Perkembangan Internet pada jaman sekarang memang sudah menjadi fungsi utama untuk mempermudah aktivitas kita dalam menjalin kerjasama yang baik dengan klien atau pun kerabat kita.
img on info-asik.com

Berikut adalah poin-poin kegunaan internet yang sedang anda cari :
1. Gudang Informasi
Dengan adanya Internet penyebaran informasi semakin cepat karena adanya fasilitas dari macam-macam Search Engines atau mesin pencari, yang artinya adalah pencarian segala informasi yang kita perlukan, yang bisa saja berupa file, gambar, musik, film, video, dll. Karena penyebaran informasi yang semakin cepat kita pun diuntungkan dengan mendapatkan informasi secara cepat juga.
2. Menjual/Membeli secara Online
Penjual bisa memasarkan produknya lewat Internet dan kita bisa membeli sesuatu dengan instan karena lewat Internet juga. Kita tinggal memilih produk atau jasa yang tersedia di halaman Web yang menyediakan penjualan secara on-line dan kita bisa membayarnya secara on-line seperti kartu kredit, transfer tunai di bank yang terdekat dengan anda, atau ada juga yang menyediakan sistem pembayaran cash on delivery (COD) yaitu, pembayaran yang dilakukan di tempat anda bertemu kurir pengirim barang, dan setelah itu kita sudah bisa mendapatkan produk atau jasa yang kita inginkan.
3. Mengetahui Berita
Sekarang tidak perlu lagi menunggu jam-jam tertentu untuk menonton berita yang disiarkan di televisi atau pun membaca koran ketika pagi karena sudah banyak halaman-halaman Web yang menyediakan berita-berita dunia secara up to date dan selalu diperbaharui dari waktu ke waktu sesuai perkembangan berita yang ada.
4. Pendidikan
Kita bisa memperoleh buku-buku yang dapat dibaca secara on-line maupun offline (setelah kita download/unduh terlebih dahulu) secara gratis. Kita juga bisa mendapatkan informasi-informasi tentang pendidikan secara cepat di halaman-halaman Web yang menyediakan informasi tentang pendidikan.
5.Komunikasi
Kita bisa menggunakan chatt/email untuk berkomunikasi dengan teman kita secara jarak jauh. Dengan jejaring sosial pun yang sekarang sedang booming kita bisa mempunyai banyak teman baru di dunia maya mau pun menemukan teman lama kita di jejaring soial tersebut sehingga kita bisa terus berkomunikasi.
Pemaparan diatas adalah gambaran secara umum tentang kegunaan internet dan fungsinya. Internet berkembang sangat pesat karena berbagai macam fasilitas yang ada di dalamnya.

Fasilitas Utama Internet

Fasilitas-fasilitas yang menunjang sangat berpengaruh terhadap perkembangan dalam dunia internet. Dan dibawah ini adalah fasilitas internet yang memiliki tujuan :
a. Sebagai media melakukan transfer file 
Transfer file yang dimaksud adalah untuk melakukan akses pada server lain yang jaraknya jauh, baik secara anonymous FTP (File Transfer Protocol) maupun yang bukan anonymous FTP didalam macam-macam web browser.
b. Sebagai sarana mengirim surat (email) 
c. Sebagai surat pembelajaran dan pendidikan 
d. Sebagai sarana untuk penjualan atau pemasaran 
e. Melakukan mailing list, newsgroup, dan konferensi
Mailing list atau newsgroup digunakan untuk melakukan diskusi online dalam sebuah forum tertentu untuk membahas permasalahan tertentu bagi netter (pengguna internet) yang memiliki masalah dan topic yang sama. 
f. Chating 
Chatting adalah sarana internet yang digunakan untuk berkomunikasi langsung melalui tulisan ataupun lisan. 
g. Mesin pencari (search engine) 
Mesin pencari (search engine) merupakan fasilitas yang disediakan oleh situs-situs tertentu untuk mempermudah pencarian atau pelacakan informasi yang kita butuhkan secara cepat. 
h. Untuk mengirim SMS ke telepon seluler 
i.  Sarana entertainment dan permainan 
j.  Berbagi pakai file 
k. Menyimpan file multimedia seperti, audio, foto, dokumen, maupun video
l.  Menjalin persahabatan / mencari teman baik local maupun mancanegara dengan situs jejaring sosial. 
Sumber Artikel Dari : http://www.info-asik.com/2012/10/kegunaan-internet-dan-fungsi-utama.html#ixzz2HfzHg01X

0 komentar:

Posting Komentar