Pages

Kamis, 26 September 2013

7 Teknik Menjatuhkan Diri

Teknik Menjatuhkan Diri merupakan salah satu teknik yang penting dilatih dan dikuasai di dalam bela diri. Di dalam situasi pertarungan, Anda tidak selalu berdiri. Hal ini terjadi mungkin karena Anda dijatuhkan lawan. Teknik ini jadi penting supaya Anda tidak cedera, walaupun Anda tetap jatuh. Mungkin pula terjadi karena Anda memang sengaja menjatuhkan diri. Misalnya untuk menghindari serangan lawan atau sesudah Anda menyerang lawan dengan tendangan melayang yang mengharuskan Anda jatuh sesudah menendang.

Teknik yang sering disebut "Ukemi" di dalam istilah bela diri Jepang ini pada dasarnya dapat kita bagi tiga. Pertama, jatuh ke depan. Kedua, jatuh ke samping. Ketiga, jatuh ke belakang.

Menggambarkan prinsip dan teknik menjatuhkan diri di dalam tulisan sangat sulit, karena teknik ini sangat teknis dan banyak berbeda di tiap bela diri. Oleh karena itu, saya mengambil jalan pintas dengan menyajikan video yang disematkan dari Youtube.com.

Saya mengambil teknik Ukemi dari bela diri Aikido karena bela diri ini merupakan bela diri yang populer di dalam teknik lembut. Mengingat bahwa Ukemi merupakan bagian dari teknik bertarung lembut, bukan teknik keras.

Selamat menikmati. Temuilah pelatih bela diri yang terpercaya untuk berlatih menjatuhkan diri. Tentu saja dengan peralatan dan keamanan yang memadai dan standar. Teknik ini merupakan teknik yang harus dipelajari langsung dari guru bela diri, bukan teknik yang dipelajari dari tulisan atau menonton video saja. 

0 komentar:

Posting Komentar