Pages

Kamis, 22 Agustus 2013

Buat Macaron Bluberry sendiri



REPUBLIKA.CO.ID, Lembut, genit, renyah dan beraroma, begitu deskripsi yang pas untuk si cantik macaroon yang selalu tampil berwarna. Dengan teksturnya yang melumer di dalam dan gurih di luar karena campuran almond, macaroon telah menggaet selera orang Indonesia.

Nama macaroon berasal dari kata makaroen. Kue ini berasal dari Italia yang kemudian terkenal di Prancis. Orang Prancis melafalkannya menjadi macaron.

Bahan dasar utama yang digunakan dalam pembuatannya adalah gula. Gula-gula itulah yang membuat macaroon tampil cantik dan langsung meleleh di lidah. Lalu, dicampur dengan bahan lain seperti kacang almond dan putih telur. Sama sekali tidak menggunakan tepung, lho.

Macaroon ini diidentikkan dan dianggap sejenis dengan makanan lain bernama meringue. Bahkan, di Skotlandia, terdapat tiga jenis macaroon, yaitu macaroon bercita rasa kacang almond (seperti macaroon pada umumnya), macaroon yang pembuatannya menggunakan bahan dasar kelapa, dan macaroon perpaduan antara meringue dan nougat.

Sayangnya, untuk menikmati sekeping macaron mesti membayar cukup mahal karena saat ini rata-rata satu kue dijual Rp 8.000 - Rp 12.000. Jadi bagaimana kalau mencoba tantangan dengan membuatnya sendiri.

Amunisi dan bahan yang diperlukan

    45 gram putih telur
    125 gram almond bubuk
    125 gram icing sugar
    1/2 sdt ekstrak vanili
    beberapa tetes pewarna
    125 gram gula pasir halus

    35 ml air
    45 gram putih telur
    150 gram white cooking chocolate
    80 ml whipping cream
    1 sdt mentega tawar
    50 gram selai bluberry

Jurus Meracik

1. Campur almond bubuk dan icing sugar, tambahkan putih telur, aduk rata.
Tambahkan pewarna makanan

2. Rebus air dan gula pasir sampai mencapai suhu 118 C, dan tuangkan ke dalam putih telur lalu kocok hingga kaku.

3. Campurkan kedua adonan tersebut sampai rata dan halus.

4. Masukkan adonan ke dalam kantong segitiga yang dipasangi spuit, cetak di atas loyang yang dilapisi kertas roti atau silicon sheet. Cetak dengan diameter 3,5 cm.

5. Diamkan di udara terbuka selama kurang lebih 30 menit atau sampai permukaan dan tepinya agak mengering, tidak lengket bila disentuh.

6. Panaskan oven hingga 150°C, panggang selama 20 menit. Angkat dan dinginkan di dalam loyang, kemudian angkat satu persatu dengan hati-hati.

7. Untuk isi, panaskan whipping cream hingga timbul sedikit gelembung pada tepi panci, matikan. Masukkan cokelat putih leleh, lalu aduk searah hingga rata, tambahkan mentega, aduk rata. Tuang ke dalam kantong spuit, simpan di dalam kulkas sampai bisa dispuit.

8. Spuitkan adonan pada 1 bagian keping macaron secara melingkar, lalu beri sedikit selai blueberry dan rekatkan dengan macaron satunya. Simpan di dalam kulkas sampai saat disajikan

0 komentar:

Poskan Komentar