Pages

Kamis, 22 Agustus 2013

Merawat Bunga Mawar


Bunga mawar adalah salah satu bunga yang banyak digemari oleh wanita. Bunga yang satu ini adalah sebuah symbol rasa cinta dan rasa sayang. Warna bunganya yang cerah dan bermacam-macam bisa membuat semua orang langsung menyukai bunga yang satu ini. Tak mengherankan bahwa bunga mawar ini sering disebut-sebut sebagai Queen of Flower. Nah, untuk membuat bunga mawar di pekarangan rumah kita terus berbunga indah, di bawah ini adalah sejumlah cara merawat bunga mawar yang dapat kita lakukan.

Yang pertama adalah kita harus memilih bunga mawar ke dalam pot. Hal ini sangat disarankan untuk kita yang baru pertama kali memelihara bunga indah ini. Sebaiknya kita menggunakan pot dengan ukuran yang besar untuk membuat pertumbuhannya bagus. Bila tetap memakai pot kecil, maka frekuensi penyiraman serta pemberian pupuk harus kita lakukan lebih sering ketimbang bunga mawar yang ditanam langsung pada tanah.

Mengenai cara penanaman, kita harus memilih tanah yang tak gampang tergenang oleh air dan tanahnya pun bukan tanah liat. Kita juga harus memastkan bahwa tempat itu memiliki intensitas cahaya matahari yang banyak, dan tak memiliki hembusan angin yang sedikit. Setelah itu, yang harus kita perhatikan adalah penyiraman tanaman. Saat satu sampai dua bulan yang pertama, bunga mawar ini mesti kita siram tiap hari. Saat menyiram di pagi hari kita harus menyiram di bagian tanahnya saja, dan pastikan airnya dapat merembes sampai bagian bawah. Lalu untuk penyiraman di sore hari, kita lakukan saat matahari sudah tenggelam, dan yang disiram adalah khusus bagian daun. Setelah lewat 2 bulan pertama, perlakuan ini dapat kita lakukan dua hari sekali.

Cara merawat bunga mawar yang berikutnya adalah pemangkasan. Setelah tanamannya berbunga, kita harus segera melakukan pemangkasan pada seluruh dahan yang sudah kering, dan termasuk juga seluruh tangkai tanaman yang telah layu dan seluruh cabang yang mengarah pada bagian dalam tanaman. Hal ini dimaksudkan untuk membuat bunga mawar memperoleh asupan oksigen serta beberapa zat penting lainnya untuk pertumbuhan. Bila hal ini tak kita lakukan, maka kuantitas bunganya akan lebih sedikit serta tangkai bunganya akan jauh lebih pendek.

Yang berikutnya berkaitan dengan hal pemupukan. Hal ini mesti dilakukan teratur ketika musim semi, lalu diteruskan saat masa berbunga satu kali sebulan. Kita dapat memakai pupuk organic ataupun pupuk khusus bagi tanaman hias ini. Ketika melakukan pemupukan ini, kita harus menggemburkan tanah di daerah batangnya, lalu bersihkan tanah di sekelilingnya dari beberapa tanaman pengganggu.

Kemudian cara merawat bunga mawar yang terakhir adalah kita harus memperhatikan adanya penyakit serta hama yang bisa merusak tanaman. Pemberantasan penyakit serta hama dapat memakai Bordeaux Mixture ataupun Bouillie Bordelaise. Dua jenis obat ini bisa memberantas hama serta penyakit. 

0 komentar:

Poskan Komentar